SOAL KONTEKSTUAL BERKAITAN PERBANDINGAN TRIGONOMETRI PADA SEGITIGA SIKU-SIKU, SUDUT ELEVASI DAN SUDUT DEPRESI
Jesika Aprilia Jayanti
Kelas 10 MIPA1
SOAL KONTEKSTUAL BERKAITAN PERBANDINGAN TRIGONOMETRI PADA SEGITIGA SIKU-SIKU, SUDUT ELEVASI DAN SUDUT DEPRESI
1. Sebuah pohon berjarak 130 meter dari seorang pengamat dengan tinggi mata pengamat dari tanah adalah 168 cm. Apabila sudut elevasi yang terbentuk adalah 60° dari mata pengamat ke pucuk pohon, maka tinggi pohon tercebut adalah...
Jawab:
Dik:
Jarak pengamat ke pohon: 130 meter
Tinggi pengamat: 168 cm = 1,68 meter
Sudut Elevasi 60°
Dit: Tinggi pohon?
Penyelesaian:
(1) buat ilustrasi
(2) buat pemisalan
Misalkan:
Tinggi pohon – tinggi pengamat = t
Jarak pengamat ke pohon =x
Dari gambar segitiga Di di samping, jika kita menjadikan sudut 60° sebagai acuan, dimana: x adalah sisi samping dan t adalah sisi depan. Sehingga perbandingan yang digunakan adalah
2. Seseorang dari atas sebuah gedung mengamati sebuah toko di seberang jalan. Sudut terbentuk dari pengamatan tersebut adalah 45° . Tinggi gedung 10 lantai itu adalah 52 meter. Berapak jarak antara Gedung dengan toko yang diamati tersebut?
Dik : Tinggi Gedung = 52 meter
Sudut depresi = 45°
Dit : Jarak antara Gedung dengan toko
3. Dua orang siswa yang tingginya sama yaitu 160 cm, sedang berdiri menghadap tiap bendera. Siswa pertama berada 10 meter di depan siswa kedua. Jika sudut elevasi yang terbentuk pada siswa pertama dan kedua terhadap puncak tiang bendera berturut-turut adalah 60º dan 30º , maka tinggi tiang bendera tersebut adalah ….
Dik :
Tinggi pengamat : 160 cm = 1,6 meter
Jarak siswa satu dengan yang lainnya : 10 meter
Sudut elevasi Siswa I terhadap puncak bendera : 60º
Sudut elevasi siswa II terhadap puncak bendera : 30º
Dit : Tinggi tiang bendera :
Penyelesaian:
1) Buatlah ilustrasinya dan Buatlah pemisalan agar memudahkan kita dalam mencari perbandingannya.
Misalkan:
AC : tinggi tiang bendera
DG : Tinggi siswa I
EF : Tinggi siswa II
DE = FG = jarak siswa I dan siswa II
BC ke DG adalah jarak tiang bendera ke siswa I
Misalkan kita buat segitiga di atas menjadi 2 bagian yaitu segitiga ABG dan segitiga ABF. Karena yang kita cari adalah tinggi tiang listrik, maka kita akan mengarahkan untuk mencari AB
Komentar
Posting Komentar